Oleh: Ristia Nurul Riyani, S.Pd.
Program Blended Learning bekerjasama dengan NanoRobotic untuk melaksanakan Kelas Informatika pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2023/2024. Melalui Kelas Informatika ini, para siswa diajak untuk membuat game yang berbeda pada setiap pertemuan. Pembuatan game melalui website scratch.mit.edu dilakukan dengan memaksimalkan setiap fitur yang ada di Scratch, termasuk penggunaan extension yang berbeda seperti Pen dan Video Sensing.
Game yang dibuat juga tidak terlepas dari fungsi edukasinya. Seperti game “Panjat Pinang” yang dirancang dengan memasukkan perhitungan matematika dan game “Shoot the Monster” yang dibuat dengan melibatkan titik koordinat (x,y) di dalamnya. Proses koding yang dilakukan dengan menyusun setiap blok hingga menghasilkan serangkaian kode yang dapat dimainkan terasa lebih menyenangkan karena tampilan berwarna dari Scratch.
Selama satu periode pembelajaran, dilakukan delapan kali pertemuan. Beberapa proyek yang dibuat adalah: Panjat Pinang, Shoot The Monster, Pencil Extension, Pong Game, Color Detector dan Gravity Engine. Pada akhir pembelajaran, Kak Anam sebagai tutor juga memperkenalkan website lain yaitu Pictoblox.